KATA PENGANTAR

 

     Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “UJI MAKANAN DAN UJI GLUKOSA URINE”.

   Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai pengertian secara umum. Adapuan tujuan kami menulis makalah ini yang utama untuk memenuhi tugas dari Ibu Guru kami dalam mata pelajaran KIMIA. Di sisi lain, kami menulis makalah ini untuk mengetahui lebih rinci mengenai kandungan zat yang terdapat pada makan DAN KADAR GULA YANG TERDAPAT PADA URINE.

   Kami menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu,diharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan makalah kami untuk ke depannya.Mudah-mudahan  makalah  ini  bermanfaat  bagi  kita  semua.

 

 

 

 

 

Penyusun   

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………… .. 1

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….. 2

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG………………………………………………………… 3

          1.2 RUMUSAN MASALAH…………………………………………………….. 3

 1.3 TUJUAN PENELITIAN…………………………………………………….. 3

BAB II PEMBAHASAN

 2.1  TUJUAN………………………………………………………………………. … 4         

2.2 ALAT DAN BAHAN………………………………………………………..   4         

2.3 LANGKAH KERJA………………………………………………………..    4

            2.4 HASIL PENGAMATAN …………………………………………………    5

          2.5 ANALISI DATA ……………………………………………………………       5

          2.6 PERTANYAAN …………………………………………………………….. 5

BAB III PENUTUP

          3.1 KESIMPULAN …………………………………………………………….. .     6

           LAMPIRAN ………………………………………………………………………       7

BAB I
PENDAHULUA
N

1.1  LATAR BELAKANG

 

Makananadalahbahan, biasanyaberasaldarihewanatautumbuhan, dimakanolehmakhlukhidupuntukmemberikantenagadannutrisi.Cairandipakaiuntukmaksudiniseringdisebutminuman, tetapi kata ‘makanan’ jugabisadipakai.Makanan yang dibutuhkan manusiabiasanyadibuatmelaluibertaniatauberkebun yang meliputisumberhewandantumbuhan.Beberapa orang menolakuntukmemakanmakanandarihewanseperti, daging, telurdan lain-lain.Mereka yang tidaksukamemakandagingdansejenisnyadisebut vegetarian yaitu orang yang hanyamemakansayur-sayuransebagaimakananpokok mereka.

 

Setiapmakhlukhidupmembutuhkanmakanan.Tanpamakanan, makhlukhidupakansulitdalammengerjakanaktivitassehari-harinya. Makanandapatmembantukitadalammendapatkanenergi,membantupertumbuhanbadandanotak. Memakanmakanan yang bergiziakanmembantupertumbuhankita, baikotakmaupunbadan. Setiapmakananmempunyaikandungangizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalahsalahsatucontohgizi yang akankitadapatkandarimakanan.

Setiapjenisgizi yang kitadapatkanmempunyaifungsi yang berbeda.Karbohidratmerupakansumbertenaga yang kitadapatkansehari-hari.Salah satucontohmakanan yang mengandungkarbohidratadalahnasi.Protein digunakanolehtubuhuntukmembantupertumbuhankita, baikotakmaupuntubuhkita.Lemakdigunakanolehtubuhkitasebagaicadanganmakanandansebagaicadanganenergi.Lemakakandigunakansaattubuhkekurangankarbohidrat, danlemakakanmemecahmenjadiglukosa yang sangatbergunabagitubuhkitasaatkitamembutuhkanenergi.

 

1.2  RUMUSAN MASALAH

  • Bagaimana cara mengetahui kandungan yang ada di dalam makanan?
  • Bagaimana cara mengetahui perubahan warna yang terjadi pada makanan tersebut?

 

1.3  TUJUAN

  • Untuk mengetahui zat-zat apapun yang ada di dalam makanan.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1     TUJUAN

Mengujikandungankarbohidrat, gula, protein, danlemak ,padajenismakanantertentu.

 

2.2     ALAT DAN BAHAN

  • Tabungreaksi
  • Pipet
  • Pemanas air/Water batch
  • Bunsen
  • Mortar danalattumbuk
  • Larutanfehling A / Fehling B
  • Larutan iodine / Kalium Iodide
  • LarutanBiuret
  • LarutanNaOH 30%
  • Larutan HNO3pekat
  • KertasBuram
  • Bahanmakanan : tahu, telur, susu, mentega, danmie yang telahditumbukhalus, laludimasukkankedalam air

 

2.3     LANGKAH KERJA

  1. 1.         Uji Fehling A / Fehling B (Ujigula / monosakarida )

ü  Masukkan 5 ml Fehling A / Fehling B kedalamtabungreaksi

ü  Tambahkan 0,5 ml larutanhasilpenggerusanbahanmakanan ( pilihsalahsatudiantaratahu, telur, susu, mentega, mie, dll)

ü  Panaskantabungdalam water bath (70°C) selama 5 menit

ü  Setelahitudinginkandandiamatiperubahan yang terjadipadatabung!

 

  1. 2.         UjiIodida (UjiKarbohidrat / amilum )

ü  Masukkan 5 ml larutanpenggerusanbahanmakanankarbohidrat / amilum kedalamtabungreaksi

ü  TambahkanduateteslarutanIoddanamatiperubahan yang terjadipadatabung!

 

  1. 3.         Uji Biuret (protein)

ü  Tambahkan 2ml larutan biuret (larutan KOH 5% + larutan CUSO4 5% )kedalamputihtelur.

 

 

  1. 4.         TesKandunganLemak

ü  Teteskan 3 tetesminyakdiataskertassaring / kertasburam.

ü   

2.4     HASIL PENGAMATAN

No

Indikator

Bahan

Perubahan Warna

1

Fehling A

Tahu

Biru Pudar (tidak mengandung formalin)

2

Fehling A

Nasi

Biru (mengandung karbohidrat)

3

Fehling A

Mentega

Biru (mengandung lemak)

4

Fehling B

Tahu

Cream

5

KI

Susu

Tetap (tidak mengandung amilum dan karbohidrat)

6

Biuret

Putih Telur

Ungu (mengandung Protein)

7

Kertas Buram

 

Transparan (mengandung lemak)

 

2.5     ANALISIS DATA

Hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa : Tahu yang ditetesi oleh fehling A dan dipanaskan mengalami perubahan warna walaupun hanya sedikit yaitu dari biru menjadi biru pudar, dan perubahan warna itu menunjukkan tahu tidak mengandung formalin. Begitu pula dengan nasi dan mentega yang ditetesi indikator fehling A tidak mengalami perubahan tetapi dengan itu bisa diketahui bahwa nasi mengandung karbohidrat dan mentega mengandung lemak. Dilakukan percobaan lagi yaitu tahu ditetesi dengan indikator fehling B mengalami perubahan dari yang semula bening menjadi cream.lalu selanjutnya susu ditetesi dengan KI (Kalium Iodida) tidak mengalami perubahan warna berarti tidak mengandung amilum dan karbohidrat.  Putih telur ditetesi dengan biuret, lalu dipanaskan dan setelah dipanaskan ternyata mengalami perubahan yaitu menjadi berwarna ungu dan menunjukkan bahwa putih telur mengandung protein dan percobaan yang terakhir, kertas yang ditetesi dengan mentega cair akan tampak transparan dan hal tersebut membuktikan bahwa di dalam mentega mengandung lemak.

2.6     PERTANYAAN

  1. Bagaimana perubahan warna tahu yang dicampur dengan fehling A?

Jawab: campuran tahu dan fehling A yang semula berwarna biru setelah dipanaskan berubah  menjadi biru pudar.

  1. Apa kandungan putih telur yang dicampur dengan Biuret?

Jawab: putih telur yang dicampur dengan Biuret  menghasilkan warna ungu yang berarti putih telur mengandung protein. 

BAB III

PENUTUP

 

 

3.1 Kesimpulan

 

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi
  2. Makanan yang mengandung lemak adalah mentega
  3. Makanan yang tidak mengandung formalin adalah tahu
  4. Makanan yang mengandung protein adalah putih telur
  5. Makanan yang tidak mengandung amilum/karbohidrat adalah susu

 

 


 

Lampiran